Home

Jumat, 18 Februari 2011

Normalkah Sering Terbangun Tengah Malam?


Menurut survei terakhir, lebih dari sepertiga orang dewasa Amerika Serikat terbangun di tengah malam secara rutin. Hampir separuh dari mereka, yang mengalami sindrom ‘nocturnal awakenings’ itu, tak bisa segera kembali tidur.

Dokter umumnya mendiagnosa kondisi tersebut sebagai gangguan tidur. Untuk merawat mereka yang terkena “middle-of-the-night insomnia” itu, dokter memberikan resep obat-obatan.

Dari penelitian terakhir, kondisi terjaga di tengah malam tersebut sama sekali bukanlah hal yang abnormal. Kondisi itu merupakan ritme alami tubuh manusia.

Menurut sejarawan dan psikiater, kebiasaan tidur rutin selama delapan jam seperti yang biasa dilakukan saat ini tidak pernah ditemukan sebelumnya dalam sejarah kehidupan manusia.

“Kita telah tidur secara salah selama ini. Jika Anda mengalami insomnia, kemungkinan Andalah manusia normal,” kata Roger Ekirch, peneliti asal Virginia Tech University, seperti dikutip dari Life’s Little Mysteries, 17 Februari 2011.

Ekirch menyebutkan, pola tidur dominan, sejak jaman dahulu kala adalah dua tahap. “Manusia tidur dalam dua blok waktu berperiode empat jam,” kata Ekrich. “Setiap tahapan tidur itu dipisahkan oleh periode terjaga di tengah malam yang berlangsung selama satu jam atau lebih,” ucapnya.

“Di masa terjaga ini, orang dahulu kadang tetap berbaring di tempat tidur, berdoa, memikirkan mimpinya, atau berbicara dengan pasangannya,” kata Ekrich. “Sebagian manusia lain kemungkinan bangun dan melakukan hal-hal lain atau bahkan mengunjungi tetangga sebelum kembali tidur,” ucapnya.

Bukti-bukti tentang adanya “tidur tahap pertama” atau “deep sleep” dan “tidur tahap kedua” atau “morning sleep” sendiri banyak ditemukan, umumnya pada literatur ataupun dokumen-dokumen di era pra industrial di Eropa.

“Namun lambat laun, sejak abad ke 19, referensi seputar tidur secara bertahap mulai musnah,” kata Ekirch. “Saat ini, perilaku tersebut malah disebut sebagai insomnia.”

2 komentar:

attayaya mengatakan...

aku susah tidur juga neh bro

Evans mengatakan...

jangan banyak gadang browwww.
tr malah kebiasaan.

Duniasoccer

VIVAnews

Okezone.com

Kompas.com